Rumah Terkecil yang Bisa Berpindah Tempat


Rumah Terkecil yang Bisa Berpindah Tempat



Liputan6.com, Beijing Semakin sempitnya lahan di wilayah Tiongkok membuat Wang Le seorang mahasiswi asal Tiongkok ini merancang sebuah rumah mini yang bisa berpindah tempat.

Lulusan desain seni lingkungan dari Universitas Ningbo di Provinsi Zhejiang ini baru-baru ini memamerkan karyanya: sebuah kabin berukuran 3,8 meter persegi yang dirancang mampu ditempatkan dimana saja.

Dilansir melalui Xinhua, Minggu (15/6/2014), untuk membuat kabin ini, Wang Le menghabiskan dana kurang dari 10 ribu Yuan  atau sekitar Rp 18 juta. Kabin kecil ini memiliki semua hal yang diperlukan dalam sebuah rumah: dapur, kamar mandi dan kamar tidur.



Untuk merakit rumah mini tersebut, Wang Le dibantu oleh seorang tukang kayu, menghabiskan waktu delapan hari. Lantai pertama rumah tersebut memiliki dapur dan kamar mandi, sedangkan lantai dua memiliki kamar tidur dan ruang belajar.

Dalam wawancaranya, Le mengatakan bahwa rumah tersebut dirancang untuk dihuni maksimal dua orang. Namun, kenyataannya, dalam proses uji coba, kabin kayu ini mampu menahan beban hingga 4 orang dewasa dengan masing-masing berat hingga 65 kilogram.

Menurut Le, keterbatasan lahan di daerah Tiongkok memberinya ide membuat rumah tersebut. Ia berharap, rancangan tersebut dapat berguna bagi para lulusan baru yang ingin memulai hidup sendiri, atau para pekerja imigran yang kesulitan memperoleh tempat tinggal. Selain itu, Le juga mengatakan bahwa selain dapat ditempatkan dalam ruang yang kecil, kabin ini juga bisa ditempatkan di hutan dan taman di seluruh kota. Bahkan, Le sangat optimis bahwa kabin ini dapat disewakan di tempat-tempat wisata. (Liz)



Design grad builds mini home




Wang Le, a recent graduate with a degree in environmental art design from Ningbo University in Zhejiang province has designed a small 3.8 square meter log cabin that stands at a slender 4.2 meters. It cost less than 10,000 yuan ($1,605.11), and has a kitchen, bathroom and bedroom. [Photo/CFP]



After finishing the home’s blue print, Wang Le spent eight days assembling the small living space with the help of a carpenter.



The first floor has a kitchen and bathroom, while the second floor features a bedroom and study.



Although designed for one or two inhabitants, this experiment has now proven that the second floor can hold four men weighing 65 kg each.



Other than functioning as a cozy nest for new graduates or immigrant workers, if allowed, his log cabin will be placed in forests and parks throughout cities, or can be rented at popular tourist spots, said Wang Le, who is confident about his environment friendly and economical endeavor.
This “mini-house” is now on display at the Ningbo campus, and has already attracted many visitors.



sumber
http://lifestyle.liputan6.com/read/2063704/inilah-rumah-terkecil-yang-bisa-berpindah-tempat


http://www.ecns.cn/visual/hd/2014/05-07/38396.shtml


.
Silahkan baca artikel terkait lainnya

0 komentar: